Kamis, 21 Februari 2008

Band of Brothers : Miniseri apik mengenai WW II


Suka hal-hal yang berkaitan dengan Perang Dunia Ke 2 (WW II)?

Kalo begitu miniseri dari HBO ini layak menjadi salah satu tontonan :D
Awak sendiri sudah menonton serial ini sampai tamat dan beberapa episode pun sudah berkali-kali awak ulang.

Diangkat dari sebuah buku berjudul sama yang ditulis oleh seorang sejarawan dan penulis biogfrafi Stephen E Ambrose, miniseri ini mengangkat kisah nyata mengenai perjuangan dari Easy Company ( E Company) dari 506th Parachute Infantry Regiment United States Army 101st Airborne Division dalam kampanyenya selama WW II di daratan Eropa. Miniseri ini mengambil beberapa episode penting seperti pendaratan pasukan parasut di Normandy, Prancis; D-Day, Operation Market Garden yang terhitung sebagai sebuah kegagalan :D, Pertepuran di Bastogne, Penemuan Kamp Konsentrasi Nazi dan akhir dari WW II.

Ada beberapa tokoh sentral di sini yang ternyata sebagian masih hidup saat miniseri tersebut dibuat. dalam miniseri ini beberapa tokoh tersebut memberikan pendapatnya masing-masing mengenai episode-episode penting dalam WW II tersebut. Di antara tokoh-tokoh tersebut ada Major Richard Winters (komandan kompie E dan terakhir menjabat komandan batalion), Lt. Carwood Lipton (sebelumnya merupakan First Sgt pada kompi E), Sgt. Bill Guarnere, Pvt. Shifty Powers dan lain-lain.

Yang menarik dari miniseri ini adalah kekuatan persaudaraan dalam peperangan yang ditampilkan sangat kuat pada tokoh-tokoh penghuni kompi E. Berasal dari berbagai daerah di USA, dalam peperanga mereka akhirnya sadar bahwa orang-orang yang bisa diandalkan hanyalah teman-teman yang saat itu berada di samping mereka. Rasa persaudaraan yang demikian erat sehingga mereka sanggup memberikan pertolongan pada rekan-rekan yang cedera meskipun saat itu pelur artileri beterbangan di sekitar mereka. Rasa persaudaraan yang membuat mereka mampu menghadapi teror dalam perang yang tidak mudah diatasi oleh prajurit terbaik sekalipun.

Disajikan dengan sudut pandang objektif sesuai dengan sejarah yang terjadi, awak rasa ini salah satu filem bertema perang yang akan jadi favorit awak sepanjang masa :D

Tidak ada komentar: